Senin, 30 September 2019

Mendaki Keindahan Pemandangan Gunung Rinjani

Poker OnlineSatu lagi keindahan alam nan eksotis di atas atap Lombok ini membuat kaki saya melangkah untuk melihat keindahan dari atas kota Lombok ini. Dengan ketinggian 3.72d mdpl membuat Gunung Rinjani menjadi gunung berapi kedua tertinggi diindonesia. Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini dikelilingi oleh hutan dan semak belukar seluas 76.000 hektar yang menjajikan keasrian luar biasa. Hembusan udara yang sejuk dibalut hangatnya siraman sinar matahari membuat saya seperti terlahir kembali.
   Gunung Rinjani memiliki kawah selebar sekitar 10 km.disana,terdapat danau kawah yang disebut danau segara anak yang kedalaman sekitar 230 Meter.Bagaikan anak lautan danau yang memiliki warna airnya yang membiru. Untuk mendapatkan keindahan ini,anda bisa ke Pulau Lombok dengan mencari promo tiket pesawat murah.Mendaki ke Gunung Rinjani harus memiliki mental yang kuat, serta tenaga yang extra dan tentunya logistik yang cukup untuk sampai di puncak 3726 mdpl.
Saya berangkat dari kota Mataram ke pos Pendaftaran Taman Nasional Gunung Rinjani Sembalun Lombok Timur ( TNGR ) yang membutuhkan waktu perjalanan darat sekitar 4-5 jam. sesampai di ( TNGR ),saya dan teman teman saya harus membaya registrasi pendakian selama 3-4 hari di atas Gunung Rinjani dengan harga Rp. 5.000 perharinya.
        Setelah membayar registrasi saya dan teman saya memulai perjalanan untuk meunuju pos 1 Trangeang,selama perjalanan kita akan menemukan kali mati dan para pengembala sapi,masyarkat disekitaran gung rinjani banyak yang berfrofesi sebagai petani ternak,kebanyakan para pengembala sapi melepaskan . perjalanan ke pos 1 kita berjalan selama 2-3 jam dengan track tidak terlalu menanjak,setelah sampai dipos 1 disarankan untuk para pendaki beristirahat sejenak sambil mengumpulkan tenaga kembali  sebelum melanjutkan perjalanan ke pos 2.kembali melakukan perjalanan ke pos 2 memakan waktu sekitar 1-2 jam,dari atas pos 2 kita dapat melihat padang savana yang sangat luas membentang dari bawah kaki Gunung Rinjani.sungguh emandangan yang luar biasa dan

( Mount Rinjani Tracking Map )

Melanjutkan perjalanan dari pos 2 ke pos 3,membutuhkan perjalanan 3-4 jam.sangat melelahkan bagi saya.disini kalian harus bisa mengatur ritme detak jantung agak tidak membuayt badan lebih cepat lelah.setelah sampai di pos 3 disarankan para pendaki untuk beristirahat selama mungkin untuk melepas lelah dari pos 1 sampai pos 3. tidak sampai disini kita diharuskan mengeluarkan tenaga extra,sebab kita akan melewati 7 bukit,sebu,pasir dan bebatuan membuat tenaga yang harus kita keluarkan.banyak pendaki yang gagal ke puncak rinjani lantaran kelelahan di 7 bukit penyesalan ini.membawa beban logistik , alat masak, alat tidur dan perlengkapan lainya bertambah dua kali lipat saat menanjak 7 bukit ini

Track yang paling berat terdapat pada bukit ke-6 dan ke-7 .bukit ke-7 bernama cemare siu ( cemara seribu ) yang memiliki trackking kemiringan hingga 70 derajat. dari pos 3 ke pelawangan sembalu normalnya membutuhkan 4-6 jam perjalanan.

Pelawangan Sembalun berada diketingian sekitar 2.500 - 2.600 mdpl. disini para pendaki dapat membat tenda untuk beristirahat.dititik ini banyak spot foto yang memperlihatkan peona indahnya puncak Rinjani dan Birunya Danau Segare anak. untuk mecapai puncak anda harus  bangun jam 2 dini hari.disarankan untuk memakai jaket super tebal dan hangat,sepatu,kaos tangan dan membawa senter.sebab ditrack ini membuat kita kesulitan untuk berjalan. Hawa dingin dengan suhu 5-10 deraja membuat badan kita cepat kelelahan. .kalian juga harus membawa makanan air secukupnya. dan
jika anda para pendaki sampai track berbentuk huruf E disarankan beristirahat 20-30 menit untuk mengumpulkan tenaga menuju puncak.

Setelah melakukan pejalanan 8 jam kami tiba dipuncak gunung rinjani.betapa indahnya ciptaan tuhan terlihat jelas diatas gunung rinjani,capek dan lelah selama berjalan berjam jam terbayar semuanya setelah sampai puncak Rinjani dan melihat pemandangan yang sangat indah dari atas Rinjani.
Turun dari Puncak Rinjani tentunya tidak selelah menaikinya. rasa lelah dan letih patiterasa melilit di paha dan betis para pendaki.kami harus turun ke danau segere anak untuk merapikan barang barang kami.dari pelawangan sbalun menuuju danau segare anak memakan waktu 4-5 jam.

Didanau segare anak kami pun kembali membuat tenda dipinggir danau  dan merasakan sensasi memancing ikan didanau segare anak dan menikmatnya menyantap ikan dari ketinggian 2.200 mdpl.selain itu tak lengkap rasanya tidak menikmati pemandian Air mendidih di bawah air terjun sebelah danau segare anak.tubuh yang letih seperti dipijit dengan kehangatan air mendidih dibawah danau segare anak. setelah kami beristirahat cukup lama di danau segare anak. kami pun berjalan pulang yang akan membutuhkan waktu 8-12 jam perjalanan untuk sampai di pos pendaftaran pintu masuk awal .

Begitulah kenangan pendakian di Gunung Rinjani di Pulau Lombok.