Jumat, 11 Oktober 2019

Pesona Wisata Kota Sabang Di Ujung Barat Indonesia

 


Poker Online - Sabang merupakan kota yang terletak di Pulau Weh dan merupakan pintu gerbang di kawasan ujung barat Indonesia. Tak sedikit wisatawan asing yang sengaja singgah ke Sabang demi bisa menikmati keindahan bawah lautnya. Tak heran jika wisata bahari menjadi destinasi wisata favorit di sabang. Karena terletak di Pulau Weh banyak orang yang menyebut Pulau Weh sebagai Pulau. Selain berbatasan langsung dengan 3 negara yaitu ; Malaysia, Thailand dan India,Pulau Weh merupakan sebuah daerah yang sangat unik bagi Indonesia. Hal itu karena disinilah anda dapat menemukan tugu Nol Kilometer yang merupakan cikal bakal istilah,'' Dari Sabang Sampai Merauke''. Pesona Sabang menawarkan keelokan garis pantai yang indah, air laut nan biru dan bersih serta pepohonan nan hijau. Akan tetapi, bukan wisata bahari saja dapat ditemukan di Sabang. Ada gunung, danau, panai, laut serta hutanya yang masih alami dan terjaga menunggu dikunjungi. Sabang kini juga telah memiliki Sabang Yacht Club yang terkoneksi dengan Yacht Club lain di Asia Tenggara.
     Untuk mengujungi Kota Sabang anda bisa melakukan perjalanan udara dari kota asal anda ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Di Banda Aceh lalu melanjutkan pernyebrangan ke pulau sabang dengan menggunakan kapal laut sekitar 45 menit hingga 2 jam. jika anda ingin menghemat uang atau bacpaker anda bisa menggunakan transportasi darat seperti Bus dari Kota Medan ke Kota Banda Aceh dengan waktu tempuh hingga 14 jam Non Stop.

Beberapa tempat yang wajib dikunjungi wisatawan saat ke kota sabang :


1. Pantai Iboih



Pantai Iboih adalah spot paling menarik karena fasilitas pariwisata di area ini lengkap sekali. Di kawasan ini terdapat sejumlah penginapan mulai dari kelas backpacker sampai yang mewah. Rental motor, mobil dan alat-alat snorkeling juga ada. Situasi pantai dan ombak yang tenang membuat pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Alam bawah lautnya yang cantik juga jangan sampai dilewatkan begitu saja.

2. Pulau Rubiah



Pulau Rubiah letaknya di seberang Iboih. Kita bisa menyewa perahu dari Iboih untuk menyeberang ke pulau Rubiah. Lama penyeberangannya sekitar 15 menit. Pulau Rubiah menjadi salah satu pulau favorit untuk aktivitas snorkeling dan diving. Terdapat banyak ikan hias kecil yang lucu dan terumbu karang yang indah dan masih terjaga dengan baik. Beberapa jenis ikan yang hidup di area pulau ini misalnya ikan Bendera, ikan Kepe-kepe, ikan warna, ikan Botana Biru, ikan Sersan, ikan Kerapu, ikan Mayor, kerang, ikan Putri Bali dan banyak lagi.

Pulau Rubiah merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Namun di pulau ini terdapat beberapa warga lokal yang menjajakan dagangan berupa makanan dan minuman untuk para wisatawan.


3. Pantai Sumur Tiga





Pantai Sumur Tiga merupakan pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di kawasan Sabang. Dengan pasir putih yang lembut dan ombak yang besar, pantai ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan akan membuatmu betah berlama-lama di sini.  pantai ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Karena menghadap ke sisi timur Pantai Sumur Tiga ini memiliki sunrise yang sangat cantik. Pepohonan kelapa yang rimbun juga membuat pantai ini tidak terlalu panas untuk dikunjungi. Kamu juga bisa menghabiskan waktu siangmu dengan makan- makan di warung seafood yang banyak tersebar di area pantai.

4. Pantai Anoi Itam



Berbeda dengan dua pantai sebelumnya, pantai yang satu ini pasirnya berwarna hitam. Warna hitam pasirnya sangat kontras dengan warna air jernih di pantai sehingga memberikan pemandangan yang mungkin tidak bisa kamu temukan di tempat yang lain. Konon pasir hitam di pantai ini berasal dari gunung berapi di Pulau Weh yang masih aktif.  Ada satu hal lagi yang menarik dari pantai Anoi Itam yaitu peninggalan sejarah benteng Jepang di salah satu sisi bukitnya.


5. Tugu Nol Kilometer



Berkunjung ke Sabang tentunya tidak lengkap tanpa berfoto di depan tugu nol kilometer Indonesia. Karena lokasinya yang berada di kawasan hutan, jangan heran jika sepanjang perjalanan menuju monumen kamu akan banyak menjumpai monyet-monyet yang berjalan bebas. Tinggi tugu nol kilometer ini mencapai 43,6 meter dengan empat pilar penyangga yang megah. Fasilitas di sekitar area wisata sudah sangat memadai. Mulai dari tempat makan hingga toilet dan toko oleh-oleh bisa dengan mudah kamu temui di sini.

Tak lengkap rasanya kalau berlibur atau mengunjungi suatu daerah tidak menciipi makanan khasnya, Berikut beberapa makanan khas Kota Sabang yang wajib dicicipi wisatawan :


1. Mie Jalak



Mie Jalak juga memiliki rasa yang juga unik. Mie Jalak memiliki warna kekuningan dengan kuah bening yang biasanya dicampur dengan tauge, daun bawang dan ditaburi daging ikan yang dipotong dadu. Meskipun isian mie ini sederhana namun rasa mie ini sangat nikmat. Seporsi penuh Mie Jalak dihargai sekitar Rp10.000. Jika ingin tambahan telur tinggal tambah bayar Rp2.000.

2. Rujak 0 Kilometer



Ke Tugu 0 Kilometer tidak lengkap jika belum mencicipi rujak 0 kilometer. Rujak Tugu 0 Kilometer cukup berbeda dengan rujak pada umumnya.
Sekilas komposisi buah-buah pada kuliner rujak khas Sabang ini terlihat sama. Namun, keunikan dari panganan ini adalah saus sambal rujak yang disiram atau digunakan untuk cocolannya. Tak cuma menggunakan gula aren dan cabai, sambal rujak ini juga ditambahkan buah rumbia yang dihancurkan hingga halus.
Cita rasa buah rumbia yang asam dan sepat membuat saus sambal rujak menjadi segar dan unik.


3. Sate Gurita



Sate ayam atau sate kambing mungkin sudah biasa. Berkunjung ke Sabang, Toppers bisa menemukan varian sate lain yaitu sate Gurita. Tekstur dari kuliner khas Kota Sabang ini kenyal dan umumnya disajikan dengan sambal bumbu padang atau sambal kacang yang bisa anda pilih sesuai selera. Yang menjadi keunikkan dari Sate Gurita adalah rasa dari daging gurita itu sendiri. Jangan bayangkan daging gurita yang kenyal atau alot. Anda bisa merasakan daging gurita yang lembut, ditambah lagi dengan bumbu kacang yang pas, dijamin satu porsi tidak akan cukup.


4. Mie Pingsun



Mie ini juga merupakan salah satu primadona Mie yang ada di Kota Sabang. Selain terkenal juga dengan sebutan Mie Bang Mandra, karena penjualnya mirip dengan Mandra, Mie ini juga dikenal dengan Mie Seafood, karena mie ini dicampur dengan berbagai macam Seafood, seperti Cumi-cumi, Udang, dan ikan, selain itu ada daging dan sayur. Bagi SeafoodLover pasti akan memilih mie ini.

5. Gulai Kambing Sabang



Untuk anda penggila kuliner kambing, gulai kambing khas Sabang tentu tak boleh sampai terlewat saat berkunjung ke Sabang. Dengan aroma dan cita rasa rempah yang sangat kuat, dijamin lidahmu akan dimanjakan dengan kelezatan kuliner khas Sabang satu ini.


Bagi anda yang ingin membeli oleh oleh khas kota sabang anda bisa mencari di pusat kota sabang langsung dengan beraneka ragam khas oleh oleh kota sabang seperti, gantungan kunci, kaos ,topi ,dan lainnya . 

Tak hanya itu, Kota Sabang sudah banyak penginapan dari yang untuk backpacker hingga yang Mewah semua sudah ada di Kota Sabang. Tergantung anda yang menyesuaikan bajet dan keinginan anda sendiri. Happy holiday guyss 



1 komentar: