Sabtu, 12 Oktober 2019

Melihat Keindahan Alam Di Taman Nasional Bunaken Yang Mendunia 






Poker OnlineBagi Anda yang belum pernah mendengar atau mengetahui lebih jauh mengenai tempat wisata ini artikel yang berjudul Objek Wisata Taman Nasional Bunaken Wisata Taman Laut Terpopuler ini akan memberikan informasi yang bisa Anda jadikan referensi sebelum pergi ke tempat wisata ini.  

   Taman Nasional Bunaken merupakan tempat wisata yang berada di Teluk Manado - Sulawesi Utara dengan luas sekitar 8,08 km persegi, tempat wisata ini merupakan salah satu bagian dari pemeritahan kota Manado yang merupakan ibukota Sulawesi Utara. di sini terdapat sebuah Taman Laut yang sangat indah yang terdapat di sekitar pulau Manado Tua ( Mantehage dan Siladen ).  Berbagai terumbu karang dan biota laut hidup dan berdesakan di taman laut bunaken. Bagi anda yang gemar dengan wisata bawah laut, bunaken bisa menjadi salah satu tempat pilihan untuk anda. Bunaken memiliki beragam kehidupan bawah laut, hal ini dikarenakan taman laut nasional bunaken berada di segitiga emas terumbu karang dunia yang tersebar dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste dan kepulauan Solomon. Keindahan taman laut  bunaken telah banyak diminati oleh wisatawan baik dalam negeri maupun wisatawan yang berasal dari luar negeri. Sebagian besar wilayah pantai terdiri dari hutan bakau dan pasir putih.  Taman laut bunaken memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. 

   Pesona alam bawah laut yang menakjubkan akan dapat anda temukan disini,Lautnya terdapat terumbu karang yang keras dan lembut, dinding karang yang terjal dengan beraneka bentuk dan warna biota laut diantaranya terdapat ikan hiu, marlin, tuna, kakap, kerapu, barakuda, napoleon, angel fish, kura-kura, mandarin fish, kuda laut, ikan pari, gurita dan berbagai jenis ikan lainnya dan tentu saja yang paling terkenal adalah ikan purba raja laut (Coelacanth).dan terdapat juga sekitar 13 jenis terumbu karang  yang menjulang terjal vertikal kebawah sedalam sekitar 25 - 50 meter. Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang disuguhkan oleh sekitar 91 species ikan yang ada di Taman Laut Bunaken. antara lain koi putih (Seriola rivoliana), gusimi lokal (Hippocampus), nila gasi (Scolopsis bilineatus), goropa (spilotocepsep hinephelus dan hypselosoma Pseudanthias), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), dan banyak yang lain. tidak hanya itu disini juga banyak ditemukan moluska seperti ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), kima raksasa (Tridacna gigas) dan tunikates atau askidian.

Keindahan taman laut bunaken dapat dilihat pada lokasi yang disebut lekuan 1, 2, 3, fukui, mandolin, tanjung parigi, ron’s point, sachiko point, pangalisang, muka kampung dan bunaken timur. Selain itu masih banyak lagi spot penyelaman yang terletak di taman laut bunaken, karena Bunaken sendiri memiliki 40 lokasi penyelaman kedalaman yang bervariasi yang menyajikan berbagai jenis ikan tropis dan terumbu karang.
   Kawasan yang diresmikan pada tahun 1991 sebagai taman laut nasional juga menawarkan keindahan lain yaitu adanya underwater great walls atau dinding karang raksasa, yang berdiri melengkung keatas. 

Untuk menjangkau ke kawasan wisata Taman Nasional Bunaken sangatlah muda. Apabila Anda melakukan perjalanan melalui udara, Anda bisa langsung transit di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi yang ada di Kota Manado. dimana bandar udara ini terhubung dengan kota - kota besar lainnya di kawasan Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Makasar, Balikpapan dan juga Denpasar Bali. selain itu bagi Anda yang datang dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Filipina juga bisa langsung transit di Bandara ini. Dari Manado sobat native akan diarahkan menuju ke pelabuhan Marina Blue Banter. Kemudian, memggunakan kapal menuju ke Pulau Bunaken yang akan memakan waktu kurang lebih 20 menit. 

Beberapa lokasi penyelaman terbaik yang berada di sekitar Bunaken dan Manado Tua adalah sebagai berikut.


1. Bunaken Timor



  Bunaken Timor merupakan salah satu tempat snorkeling yang direkomendasikan, akan tetapi perlu diingat tempat ini memiliki arus bawah laut yang kuat. Selain itu, beberapa jenis terumbu karang juga menghiasi pesona bawah lautnya walaupun mungkin tidak se-spektakuler yang lainya. Akan tetapi Anda bisa menyaksikan kehidupan pari elang, hiu, penyu, dan beberapa ikan besar yang berenang kian kemari, tidak hanya itu pemandangan yang disuguhkan oleh juntaian rumput laut serta gua-gua kecil yang menghiasi dinding - dindingnya akan menghipnotis siapa saja yang menyaksikan pemandangan tempat ini.

2. Mandolin 



  Mandolin merupakan sebuah taman laut yang mempunyai dinding dan puncak karang yang dihuni oleh ribuan ikan ikan yang hidup bergerombolan seperti unicornfish, surgeonfish, bannerfish, dan ikan penembak. Ikan - ikan disini sangat jinak sehingga mudah sekali untuk didekati.


3. Puncak Barakuda



  Puncak Barakuda merupakan salah satu tempat snorkeling terjauh yang terletak di barat laut Bunaken. ditempat ini Anda akan menemukan Segerombolan Barakuda raksasa yang berenang di antara ikan tuna dan ikan jack. Oleh karena itu tempat ini disebut dengan Puncak Barakuda.

4. Tembok Lekuan (I, II, III)


  Tembok Lekuan (I, II, III) merupakan sebuah tembok panjang yang ada di Bunaken, tempat ini terbagi menjadi tiga tempat lokasi yaitu Lekuan I, II, dan III. Ketiga - tiganya memiliki sebuah taman laut  yang bisa dikatakan terbaik dari tempat - tempat lain di Bunaken.  tidak hanya itu disini Anda akan menemui kipas angin laut dan spons raksasa serta beberapa lokasi yang dangkal dan dipenuhi oleh ikan Kakak Tua Besar yang bergerombol berombongan serta penyu - penyu yang hidup di kawasan ini.

Selain terkenal dengan kekayaan lautnya, Bunaken juga terkenal dengan masakan khasnya lho 


1. Cakalang Fufu



  Cakalang Fufu merupakan salah satu santapan di pesisir Bunaken yang tidak boleh terlewatkan.
Pecinta wisata kuliner nusantara pasti tidak asing dengan makanan ini, sebab di Manado, makanan ini begitu populer. Berbahan utama ikan cakalang fufu, santapan peneman makan siang ini biasa disajikan dalam bentuk olahan santan.

2. Sambal Roa



  Sambal ini merupakan padanan dari ikan roa dan cabai yang ditumbuk dengan sangat halus dan dimasak dengan sedikit minyak. Kemudian dicampur dengan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam serta gula yang telah dihaluskan.Terbuat dari ikan roa, sejenis ikan terbang yang diasapi hingga kering, sambal khas Bunaken ini merupakan menu pelengkap hidangan Tinutuan.

3. Tinutuan



  Satu lagi sajian pesisir Bunaken yang juga merupakan makanan khas Manado, Tinutuan.
Makanan yang biasa disajikan kala sarapan ini memiliki tekstur serupa bubur. Di dalamnya terdapat berbagai campuran sayuran hijau, labu kuning, bubur beras dan jagung.

4. Dabu-dabu



  Menikmati pesisir Bunaken sambil menyantap hidangan khas disana tak lah mungkin lengkap tanpa kehadiran penyedap makanan, Dabu-dabu. Penyedap masakan bercita rasa pedas ini terbuat dari campuran cababai, tomat dan bawang merah yang telah dipotong-potong. Dabu-dabu biasa disajikan mendampingi menu olahan seafood dan ikan bakar.

5. Woku belanga




  Woku, bumbu khas Manado dimasak menggunakan belanga yang terbuat dari tanah liat, di dalamnya akan kita temui olahan ikan dicampur daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, daun serai, kemangi, cabai dan rempah kaya aroma lainnya.

Oleh - Oleh yang bisa Anda dapatkan apabila Anda berkunjung menikmati keindahan alam Bunaken kebanyakan merupakan oleh - oleh khas Manado, Adapun oleh - oleh tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Kacang Goyang.
2. Klapertaart.
3. Kue Lampu-Lampu.
4. Kue Balapis Manado.
5. Dodol Manado.
6. Cakalang Fufu.
7. Halua Kenari.

  Bagi anda yang ingin berlama-lama menjelajahi Bunaken anda tidak perlu kuatir karena disini anda akan dengan mudahnya menemui penginapan mulai dari harga backpaker hingga kualitas hotel berbintang. Selain itu, untuk menunjang aktifitas anda selama berwisata di bunaken, anda juga bisa menemukan tempat penyewaan perahu/seedboat, alat snorkeling/alat selam dan kamera bawah laut untuk mengabadikan aktifitas anda selama berada di bawah laut. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar