Selasa, 08 Oktober 2019

 Keindahan kepulauan Labuhan Bajo Di Bagian Timur Indonesia 




 Poker Online - Labuan bajo bukan hanya terkenal dengan Taman Nasional Komodo saja,tetapi masih ada banyak objek wisata yang memiliki daya tarik tersendiri. Untuk wisata baharinya sendiri, kamu bisa melakukan kegiatan air yang menyenangkan.apalagi buat penyuka tantangan,banyak kegiatan yang bisa kamu coba untuk memacu adrenalinmu.

Labuan Bajo merupakan sebuah pelabuhan kecil yang cantik di ujung paling barat pulau Flores dan merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK) dan keajaiban pulau Flores lainnya. Labuan Bajo sendiri merupakan merupakan salah satu desa dari 9 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Sebelum mengunjungi objek wisata Labuan Bajo, kamu bisa cari informasi tentang destinasi menariknya berikut ini.


1. Pink Beach 



    Pink Beach atau yang juga di kenal dengan nama Pantai Merah ini merupakan salah satu dari tujuh pantai berpasir merah muda yang ada di dunia. Selain pemandangan pantainya yang indah, Pink Beach ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang tak kalah mengagumkan. Lautan ini merupakan istana bagi beragam jenis ikan, batu karang, dan berbagai jenis biota lainnya. Oleh karenanya, snorkeling atau diving adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan

2. Manta Point



   Manta Point merupakan salah satu lokasi wisata Labuan Bajo Flores untuk melakukan aktivitas air seperti diving dan snorkeling. Lokasi ini menjadi favorit dan incaran para wisatawan. anda dapat bertemu dengan spesies langka yang bernama Manta dan harus diketahui saat snorkeling atau diving di pulau ini harus berhati hati dengan ubur-ubur dan arus lautnya yang terkenal deras.

3. Pulau Padar



    Pulau Padar menjadi salah satu tempat wisata di Labuan Bajo yang menjadi tujuan favorit para wisatawan. Meskipun namanya tak sepopuler Pulau Komodo dan Pulau Rinca, keindahan pulau ini tak kalah cantik dan tak bisa dielakkan begitu saja. Meskipun mendaki bukit ini cukup melelahkan, namun rasa lelah tersebut akan terbayar dengan suguhan keindahan pemandangan di bawahnya, sehingga wisatawan merasa betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini.


4. Gili Laba



  Gili Lawa Darat ini adalah satu titik dari sekian banyak titik untuk melihat pemandangan yang indah. Gili memiliki arti pulau yang mini, namun untuk mencapai titik yang menakjubkan, anda harus mendakinya. Tapi tenang, mendakinya tidak akan membuat lelah. Gili Lawa Darat memang tidak spektakuler gili yang lainnya, namun bukan berarti suguhan matahari terbit yang merah keemasan tidaklah indah. Anda bisa menikmati pemandangan tersebut dengan menaiki puncak gili sebelum fajar. Beberapa tour menyediakan agenda ini dan anda harus bersiap untuk pergi saat suasana masih gelap.

5. Pulau Bidadari 



   Pulau Bidadari atau Angel Island merupakan salah satu pulau yang indah di Labuan Bajo yang tidak dihuni oleh Komodo sehingga pengunjung tidak perlu merasa khawatir untuk menjelajahi pulau ini. Sesuai dengan namanya, kemungkinan Komodo takut sama bidadari yang menjaga pulau ini. Tapi sebutan Bidadari sangat wajar jika melihat keindahan pasir putih, koral, karang dan berbagai jenis ikan yang ada di Pulau Bidadari (Angel Island). 
Pulau Bidadari adalah tempat terbaik bagi penyelam amatir. Jadi, jika Anda tertarik untuk menyelam, Anda bisa menjelajahi kehidupan bawah laut di pulau ini. Anda akan melihat terumbu karang dan kehidupan laut dengan ikan berwarna-warni dari kedalaman 5 meter. Jika Anda menyelam lebih dalam, Anda bisa bertemu dengan kura-kura besar. Namun, jika Anda tidak bisa menyelam tapi penasaran melihat panorama bawah air, Anda bisa snorkeling di sekitar pulau untuk menikmati terumbu karang. Keindahan kehidupan laut di Pulau Bidadari masih asli.

6. Pulau Rinca



   Populasi komodo di Pulau Rinca sekitar 2.000 ekor dan karena pulau ini tak berpenghuni, maka kesempatan untuk melihat komodo lebih besar ketimbang di Pulau Komodo, sehingga opsi utama untuk trekking melihat komodo adalah di pulau ini dan menawarkan pemandangan yang indah dan alami. Di sepanjang jalur trekking, pengunjung disuguhi pemandangan indah berupa jajaran perbukitan dan hamparan laut biru. Bukit ini akan kering dan bewarna kuning di saat musim kemarau, dan masuk musim penghujan, bukit akan berubah menjadi hijau. Di sela-sela perjalanan trekking, pengunjung akan menemukan puncak bukit yang memiliki pemandangan hamparan laut biru dipadukan dengan perbukitan eksotis khas Pulau Rinca.

Tidak hanya memiliki wisata alam yang luar biasa, Labuan bajo juga memiliki makanan khas yang sangat melezatkan. Beberapa daftar makanan khas labuan bajo yang wajib kamu cicipi ketika ke Labuan Bajo .


1. Kolo



   Kolo adalah nasi bakar khas NTT yang dimasak dengan menggunakan bambu. Teknik memasaknya yang dibakar membuat Kolo disebut sebagai nasi bakar di kawasan ini. Kolo dibuat dari nasi yang dicampur dengan bumbu masakan lalu dimasukkan ke dalam bambu yang kemudian dibakar diatas bara api

2. Ikan Kuah Asam



   Sup ikan dengan kuah bening berwarna kuning ini menjadi salah satu olahan ikan yang patut kamu coba jika sedang berada di Labuan Bajo. Ikan segar yang disajikan dalam kuah asam pedas sangat menggugah selera. lebih nikmat dimakan dengan nasi yang panas. hmmm yummmyy 

3.  Se’i



   Se’i (daging asap) adalah makanan khas Labuan Bajo yang terbuat dari daging sapi. Dalam proses pembuatannya daging sapi dimasak dengan kayu bakar yang berjarak jauh, sehingga bukan lidah api yang mematangkan daging, melainkan asap panas. Apabila baru diasap, daging ini bisa langsung dimakan dengan mengirisnya secara tipis dan akan lebih gurih jika dimakan dengan menggunakan sambal matang.

4. Jagung Bose



   Jagung Bose adalah masakan khas di Labuan Bajo yang berbahan utama jagung dengan bahan tambahan campuran dari kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang merah. Serta yang tidak kalah penting jagung bose ternyata mengandung karbonhidrat yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi.

5. Rumpu Rampe



    Rumpu rampe adalah tumisan yang menggunakan beragam bahan utama seperti daun pepaya, bunga pepaya, buah pepaya muda, jantung pisang, dan daun ubi, serta ditambah dengan bumbu khasnya seperti udang rebon sangrai, tomat, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasa lainnya sehingga menambah citarasa tersendiri bagi masakan yang satu ini. Masakan yang satu ini menyajikan beberapa bahan masakan dengan kombinasi dan campuran yang tidak biasa dijumpai pada masakan lain.


Beberapa Cendramata khas Labuan Bajo


1. Kerajinan Mutiara



   Bagi kota wisata yang terletak di daerah pesisir, maka Mutiara juga wajib disematkan dalam daftar pernak-pernik khas daerah tersebut. Mutiara-mutiara tersebut kemudian diolah menjadi kalung, gelang, ataupun cincin. Harga yang ditawarkan pun tergantung dari kualitas mutiaranya sendiri.

2. Kopi Manggarai



   Bagi pecinta kopi, maka buah tangan satu ini wajib dimasukan ke dalam daftar oleh-oleh khas dari daerah Manggarai. Hampir di setiap minimarket atau toko souvenir yang saya kunjungi, sudah banyak yang menjual kopi Manggarai dalam bentuk kemasan. Di bandara pun juga sudah banyak toko-toko yang menjual kopi asli dari Manggarai ini. Kopi-kopi tersebut ada yang berbentuk bubuk atau roasted bean.


3. Toko Souvenir Exotic Komodo



   Toko Souvenir Exotic Komodo menjual berbagai macam pernak-pernik dan buah tangan khas dari daerah Flores. Diantaranya seperti gantungan kunci, kaos, kain tenun dari berbagai daerah di Nusa Tenggara, tas, sandal, dan lain sebagainya. Toko Souvenir Exotic Komodo ini memang memberikan konsep bagi pengunjung untuk membeli berbagai macam oleh-oleh khas Labuan Bajo di satu tempat saja.

Bagaimana? anda siap untuk berkunjung ke Labuan bajo . Disarankan agar anda membawa uang yang cukup agar tidak terjadi kekurangan disaat traveling ke Labuan Bajo. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar